Read Me !!

DOUBLE EPIC FAILED!!!!!

Friday, June 27, 2008

Pemformatan Text

content yang diberikan dan juga agar pengguna merasaPemformatan text suatu aplikasi di rancang agar pengguna tidak kesulitan membaca sebuah nyaman sewaktu menggunakan applikasi tersebut. Pada website, jika pemformatan text tidak dilakukan dengan benar, maka sewaktu pengguna mengakses website tersebut maka pengguna akan langsung mencari website lain dikarenakan ketidaknyamanan.

Pada website BPPT terdapat text yang dibedakan untuk alasan tertentu. Seolah-olah website ini ditujukan untuk orang-orang tertentu saja. Dapat dilihat pada beberapa bagian berikut ini:

a. Penulisan detail suatu informasi penting sekali dalam sebuah website, karena penulisan yang benar akan membuat pengguna merasa nyaman sewaktu membaca informasi yang ditawarkan. Jika pengguna mendapatkan suatu detail yang sulit dibaca maka pengguna akan mencari tempat lain yang lebih nyaman.
Pada web BPPT, pengembang membedakan font di halaman Alamat Pejabat,mungkin hal ini dilakukan oleh pengembang karena pejabat mempunyai kedudukan yang berbeda dari staf biasa. Tapi hal ini dapat mengurangi tingkat kenyaman pengguna. Font yang besar hanya untuk judul dari informasi, atau pengumuman yang penting. Jikalau di lakukan untuk penamaan pejabat, halaman ini malas di akses oleh pengunjung. Dapat di lihat di gambar 1. Berbeda dengan font dan ukuran secara umum (Gambar 2).

b. Penulisan yang tidak cocok terdapat juga di halaman Telepon dan Faksimili, web ini memberikan font berbeda dengan warna biru pada daftar telepon yang diberikan. Pertama font yang terlalu besar dapat menganggu pengguna akan font yang pengguna baca. Kedua warna biru dapat membuat pengguna bingung. Karena dapat di anggap sebagai link yang dalam kenyataannya hanya sebagati teks biasa(Gambar 3).

c. Terdapat format penulisan halaman di halaman isi buku tamu. Format penomeran halaman yang tersedia sangat panjang dan antara baris 1 dan baris kedua tidak lah sejajar. Hal ini menganggu kenyamanan pengguna yang ingin mengisi buku tamu ataumelihat pesan-pesan yang telah masuk ke dalam database.

d. Masih di halaman Buku Tamu, pesan yang dikirimkan pengguna akan tampil di web dengan font waktu penulisan pesan berwarna sama dengan jawaban balasan dari admin. Hal ini dapat dikira pengguna bahwa pesan pengguna tidak ditanggapi karena warna yang sama dengan format penulisan waktu penulisan(Gambar 5).




e. Berpindah ke link Organisasi , lalu masuk ke struktur organisasi maka pengguna akan ditampilkan dengan table struktur organisasi yang berbentuk image. Teks di dalam image tersebut tidak terbaca oleh pengguna. Begitu juga dengan bagan-bagannya .

f. Pada halaman utama terdapat headline berita-berita terkini seputar BPPT. Karena ini halaman utama dari BPPT atau halaman pertama yang di tampilkan ke pengguna saat mengunjungi web bppt.go.id, sangaltah penting berita-berita tersebut dapat di baca atau dapat menarik perhatian pengguna tersebut. Namun yang terdapat untuk menarik perhatian pengguna hanyalah judul dari berita saja. Tidak terdapat teks untuk memberitahu kapan berita itu terjadi. Hanya ada teks tanggal di awal paragraph berita.

Pebaikan yang harus dilakukan web ini pada permasalahan-permasalahan yang tadi disebutkan adalah:
a. Penulisan detail dan untuk font yang lebih besar lebih baik digunakan untuk member itahu akan informasi yang penting. Atau dapat juga pengembang mengganti font yang dipakai untuk penulisan pejabat tanpa harus membesar-besarkan font seperti saat ini. Karena keseragaman font membuat pengguna ingin membaca informasi yang pengembang berikan.
b. Penulisan nomer telepon dan faksimili dapat dirubah. Mungkin untuk memberitahu bahwa pentingnya nomor telepon maka dapat diganti menjadi warna lain selain warna link atau warna biru. Karena dapat membuat pengguna bingung dengan apa yang mereka baca.
c. Pengembang seharusnya menggunakan format penomeran seperti di forum.Dibatasi penomeran hanya 5 angka dan dapat di tambah dengan kata, halaman terbaru dan halaman lama. Tanpa harus menuliskan penomeran yang panjang dan merusak citra web itu sendiri.
d. Karena pengguna mengirimkan pesan yang dapat berupa pertanyaan atau komentar terhadap BPPT maka balasan pastinya di harapkan dapat dibaca oleh pengguna. Jika penulisan dan warna font komentar sama dengan format penulisan waktu dan alamat , maka pengguna dapat mengira tidak ada balasan dari admin pengembang web ini. Pengembang dapat merubah format untuk teks pesan balasan admin.
e. Bagan atau struktur dar organisasi yang ditampilkan di web mungkin dapat dibuat manual di dalam web sehingga dapat terbaca, bukan hannya sekadar text-image yang di masukkan ke form.Untuk pengguna yang men-download strukturnya, bias di beri text-image seperti sekarang ini.
f. Pengembang dapat menambah teks untuk judul di setiap berita yang di turunkan. Hal ini dapat meyakinkan pengguna bahwa berita tersebut pasti, lugas dan terpercaya. Dan dengan diberikan waktu berita juga dapat memberitahu pengguna bahwa seberapa lama web ini ter-update.

No comments: