Read Me !!

DOUBLE EPIC FAILED!!!!!

Friday, June 27, 2008

Text Image

Text image biasanya digunakan oleh pengembang web untuk membuat tombol. Text image biasanya juga digunakan untuk membuat font-font yang tidak standar di web browser sehingga hal-hal yang berkenaan dengan browser compatibility dapat diatasi. Walaupun penggunaan text image dapat mengatasi masalah browser compatibility, penggunaan text image menimbulkan beberapa masalah, antara lain :
a. File gambar dapat menyebabkan pembengkakan ukuran file. Sebagian besar pengguna web di dunia masih menggunakan koneksi dial-up dan tidak sabar jika loading dari web yang dibuka sangat lambat. Hal ini menyebabkan pengguna akan meninggalkan web sebelum loadingnya selesai.
b. Teks berbasis gambar tidak dapat diakses dengan menggunakan fitur searching.
c. Teks berbasis gambar tidak dapat dipilih sehingga pengguna tidak mungkin melakukan copy and paste.
d. Teks berbasis gambar tidak dapat diubah ukurannya, padahal sebagian pengguna melakukan perubahan ukuran pada browsernya agar lebih mudah membaca informasi yang ada di web.
e. Screen reader tidak dapat membaca teks yang berbasis teks.
f. Informasi yang ditampilkan dengan menggunakan teks berbasis gambar tidak akan muncul jika pengguna mematikan pilihan load image pada browsernya. Sebagian pengguna mematikan pilihan load image karena alasan koneksi. Jika image tidak diload maka halaman web akan ditampilkan lebih cepat dan bandwidth yang digunakan akan jauh lebih hemat; terutama untuk pengguna yang mengakses web dengan koneksi yang mengharuskannya membayar per- kb terhadap bandwidth yang digunakannya.
Pengembang web Jaticom dapat dikatakan cukup baik dalam menyiasati text image ini. Pada web ini, text image digunakan untuk header pada logo. Menu utama dibuat dengan menggunakan teks HTML biasa dan ditambah dengan fungsi-fungsi yang ada di file CSS. Jadi, misalkan pengguna mematikan fungsi load image pada browsernya, pengguna akan tetap dapat mengakses menu-menu utama yang ada di halaman web dengan perubahan link menjadi underlined text dari hover. Ketika fungsi load image dimatikan, maka pengguna tidak akan melihat header pada menu kiri dan kanan karena dibuat dari text image. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu bermasalah karena menu-menu yang ada tetap dapat diakses karena dibuat dari teks HTML biasa.
Terdapat 1 image yang yang tidak ter-load yaitu “Data Management System”.

No comments: